القائف لغة : المتتبع للآثار والثبة
المتتبع : Menyelidiki
القائف شرعا : من يلحق النسب بغيره عند الاشتباه بما خصه الله به من علم ذلك (مغنى محتاج) .جزء 4. 488
Yang dikhususkan disini ilmu qaif saja, bukan cara menghubung nasab. Jadi qaif ialah seseorang yang menghubungkan nasab orang lain melalui sebuah ilmu yang khusus yang diberikan Allah kepadanya.
I. Dalil yang boleh beramal dengan penelitian qaif.
وحدثنى عمرو الناقد وزهير بن حرب وأبو بكر بن أبى شيبة واللفظ لعمرو وحدثنا سفيان عن زهرى عن عروة عن عائشة قالت دخل عليّ رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم مسرورا فقال ياعائشة ! الم ترى أن المجزّزا المدلجيّ دخل عليّ. فرأى أسامة وزيدا وعليهما قطيفة قد غطيا رؤوسهما وبدت أقدامهما فقال : إن هذه الأقدام بعضها من بعض (صححه مسلم. حديث : 39 (1459) ص: 615)
قال الشافعي رضي الله عنه: فلو لم يعتبر قوله لمنعه من المجازفة وهو صلى الله عليه وسلم لايقر على خطأ ولايسر الا بالحق. اهـ (مغنى المحتاج. ج:4/ص :488)
II. Syarat Qaif.
عبارة المنهاج الطالبين.
(شرط القائف) ليعمل بقوله فيما ذكر- جلال المحلى - (مسلم) فلا يقبل من كافر (عدل) فلا يقبل من فاسق لأنه حاكم او قاسم – مغنى المحتج – اى اسلام وعدالة وغيرهما من شروط الشاهد السابقة ككونه بصيرا ناطقا رشيدا غير عـدو لمن ينفى عنه ولا بعض من يلحق به – تحفة المحتج – (مجرّب) للخبر الحسن لاحكيم الا ذو تجربة وكما يشترط علم الإجتهاد فى القاضى وفسر أصله التجربة بان يعرض عليه ولد في نسوة غير امه ثلاث مرات ثم في نسوة هي فيهن فاذا أصاب في الكل فهو مجرب اهـ . وهو صريح في اشتراط الثلاث واعتمده في الروضة وأصلها وهو صريح . وان اطال البلقيني في اعتماد الاكتفاء بمرة وكونه مع الام غير شرط . تحفة المحتاج . (والاصح اشتراط حر ذكر ) كالقاضي . والثاني لا كالمفتي – جلال المحلى- لما تكرر أنه حاكم أو قاسم – تحفة المحتاج (لا عدد) كالقاضى والثاني يشترط كالمزكى – جلال المحلى – والمقوم – مغني المحتاج – (ولا كونه مدلجيا) اى من بني مدلج كلهم
1. المحلى : 348 – 349 الجزء 4
2. مغنى المحتاج : 488-489 الجزء 4
3. تحفة المحتاج , 348-349 الجزء 10.
Masaalah ( مجرب ) menguji kemampuan dan ketepatan qaif sampai tiga kali.
Al-Mahalli berpendapat :
قال الامام : العبرة بغلبة الظن
Dalam Mughni dijelaskan
بأن قوله عن خبرة لاعن اتفاق. وهذا قد حصل بدون الثلاث . اهـ
DNA boleh dipergunakan untuk menghubungkan nasab seseorang secara qias kepada qaif. Karena qaif menghubungkan nasab seseorang melalui ilmu khusus yang dianugerahi Allah SWT kepadanya. Sedangkan DNA merupakan sebuah zat yang diciptakan Allah SWT dalam tubuh manusia yang melalui alat modern bisa diketahui keturunan dan nasab seseorang.
Hasil tes DNA sama juga dengan khabar siqaif yaitu melalui ilmu. Sehingga untuk menjamin kebenarannya disyaratkan `adil dan muslim agar hasilny dapat diamalkan. Begitu juga hasil DNA. Karena DNA adalah benda atau sebuah zat yang tidak berbohong. Kebohongan hanya terjadi dari cara kerja sipeneliti DNA.
Syarat ketiga مجرب uji ketepatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kebenaran siqaif, apabila dia berhasil maka beritanya bisa diterima. Ini bisa juga terjadi pada DNA.
Kenapa disyaratkan مجرب pada qaif, padahal ilmu qaif dari Allah SWT. Karena untuk mengetahui / menghukum sesuatu harus dengan ilmu yang sampai pada ghalabah zhan dan dimegerti oleh orang lain. Sedangkan ilmu qaif hanya di mengerti oleh qaif saja. Untuk membuktikan kebenaran ilmu tersebut pada orang lain, maka disyaratkan menguji ketepatannya. Dari sini dapat difahami bahwa: Ilmu qaif belum bisa dipakai sebelum diuji ketepatannya. Qaif menyampaikan sesuatu berdasarkan ghalabah zhan. `Ilat ini bisa juga terjadi pada DNA.
Pada zaman sekarang, qaif jarang sekali ditemui. Sedangkan masaalah yang membutuhkan jasa qaif sangat banyak, jadi rasanya boleh dikatakan bahwa DNA merupakan anugerah dan karunia Allah SWT sebagai pengganti qaif.
Pendapat Imam Syafi`i yang terdahulu :
فلو لم يعتبر قوله لمنعه من المجازفة
Difahami bahwa Imam Syafi`I menggolongkan qaif ini dalam ilmu Mujazafah atau ilmu tebakan. Jadi tidak disyaratkan nyakin. Maka tidak ragu lagi ada cara lain untuk menebak keturunan. Karena tebakan bukan hanya satu cara. Jadi apabila cara tersebut bisa juga sampai pada ghalabah zhan boleh juga diamalkan.
KESIMPULAN
DNA boleh dipergunakan untuk menebak seseorang dengan syarat sipeneliti DNA tersebut :
- Islam
- Adil
- Telah teruji ketepatan dan kebenarannya.
- Merdaka (bukan hamba sahaya)
- Laki-laki karena sama dengan hakim
- Tidak perlu banyak (memada satu orang)
- Tidak harus keturunan Mudallaj
Pada syarat ke-3 untuk membuktikan kebenaran hasilnya harus juga terbukti bahwa alat yang dipergunakan dalam keadaan baik dan normal.
HUKUMAN MATI BAGI PEMASOK PSYCHOTROPIKA
Pemasok obat psychotropika salah satu pekerjaan mungkar, karena membantu orang lain berbuat maksiat. Pemasok tidak ditetapkan suatu hukum yang tertentu, setiap pekerjaan mungkar yang tidak terdapat padanya hukuman yang telah ditentukan agama, maka orang yang mengerjakan mungkar tersebut akan dita`zir.
يعزر فى كل معصية لاحد لها ولا كفارة بحبس او ضرب اوصفع او توبيخ ويجتهد الإمام فى جنسه وقدره وقيل ان تعلق بآدمى لم يكف توبيخ (المحلى) جزء 4 ص205
Hukum ta`zir, ganjarannya dibawah hukuman yang telah terdapat patokan tertentu (HAD) dari syara`
فإن جلد وجب ان ينقص في عبد عن عشرين جلدة وحر عن أربعين
(المحلى) جزء. 4 ص 206
Tidak terdapat dalam hukum ta`zir bunuh mati,memukul yang dibolehkan dalamnya jangan sampai melukai.apabila dalam pelaksanaan ta`zir mengakibatkan terbunuhnya seseorang,maka kepada penta`zir akan dikenakan sanksi
(بحبس او ضرب) غير مبرح فان علم أنه لا يزجره إلا مبرح لايحل مبرح ولا غيره على معتمد وعليه فينبغى أنه ينتقل به الى نوع أخر اعلى فإن فرض ان جميع انواع التعزير لا تفيد فيه كان نادرا فيفعل به اعلاها من غير نظر لذالك وعلى هذا يحمل ما مر عن الرافعى فعلم أن قوله لايحل المبرح ولا غيره إنما هو فى نوع ضرب فقط اما غيره من بقية انواع تعزير فلا يتصور فيها فرق بين مبرح وغيره فاذا علم انه لم يؤثر قيه ضرب مبرح ولا غير مبرح انتقل الى غيره من بقيتها كما ذكرته ( تحفة المحتاج) جزء 9. 178
(فصل) وإن عزر الامام رجلا فمات وجب ضمانه لما روى عمرو بن سعيد عن على كرم الله وجهه أنه قال ما من رجل أقمت عليه حدا فمات فأجد فى نفسى أنه لادية له الا شارب الخمر فإنه لو مات وديته لأن نبي صلعم لم يسنه ولايجوز ان يكون مراد به اذا مات من الحد فإن النبي صلعم حد فى الخمر فثبت أنه اراد من الزيادة على الاربعين ولأنه ضرب جعل إلى اجتهاده فإذا أدى إلى التلف ضمن كضرب الزوج زوجته (المجموع شرح المهذب) جزء 20 122
Hukuman bagi orang yang menyimpan dan menjual khamar :
وإذا وجد الخمر فى دار إنسان وعليها قوم جلسوا مجالس من يشربها ولم يرهم أحدا يشربوانها ولم تظهر رائتحها عليه ولم يضر بشربها عزرهم الإمام لأنهم إرتكبوا امرا محظورا وجلس مجلس منكارا او وجد فى بار معدة لبيع الخمر عزر لذالك بما يراه الإمام رادعا لهم. ومن وجد معه آنية الخمر يحملها او ليحتفظ بها فى داره عزر لأنه ارتكب محظورا (المذاهب الأربعة) 1157
Hukuman-hukuman yang terdapat batasan/ditentukan dalam agama :
(كتاب الحدود وهي) ثلاثة (قتل وقطع وضرب ولو مع) صلب او (نفي فالقتل) يكون (فى) اربعة (الردة والزنا المحصن وترك الصلاة وقطع الطريق مع قـتل) من القاطع لمعصوم يكافئه (والإحصان يحصل بحرية وبلوغ وعقل ووطء فى نكاح صحيح) (والقطع) يكون فى شيئين (فى السرقة وقطع الطريق مع أخذ المال) (والضرب) يكون فى ثلاثة (فى الشرب) المائع اسكر كثيره (وهو اربعون) جلدة (وفى قذف وهو الثمانون) جلدة (وفى زنا البكر وهو مائة) ـ (تحرير) جزء 2 ؛ 428
Hadist yang menyatakan tentang dibunuhnya orang yang meminum khamar,telah dimansukhkan.
عن معاوية رضي الله عنه عن نبى صلعم أنه قال فى شارب الخمر إذا شرب فاجلدوه ثم إذا شرب فاجلدوه ثم إذا شرب فاجلدوه ثالثة فاجلدوه ثم شرب الرابعة فضربو عنقه أخرجه احمد وهذا اللفظ واربعة وذكر ترمذى ما يدل على أنه منسوخ وأخرج ذالك أبو داود صريحا عن الزهرى (بلوغ المرام). 1268
تنبيه لو تعدد الشرب كفى ما ذكره المصنف وحديث الامر بقتل الشارب فى الرابعة منسوخ بالاجماع (شروانى) جزء 9. 171
KESIMPULAN
Pemasok lebih ringan ganjaran dari pada pemakai (konsumen) karena :
a. Pemakai menghilangkan akalnya, sedangkan pemasok hanya memberikan jalan kepadanya.
b. Pemakai langsung mubasyarah (mempergunakanya) barang yang telah diharamkan agama, sedangkan pemasok mubasyarahnya hanya melalui mu`amalah.
c. Tidak terdapat nash kitab yang menyatakan hukuman mati bagi pemasok maupun lainnya.
d. Kemudharatan lebih banyak terdapat pada pemakai, kesenangan memakai baju baru dirasakan oleh pembeli bukan penjual, baju dalam toko boleh banyak bila tidak ada orang yang membeli tidak ada seorangpun yang merasakan kelembutan baju tersebut.
HUKUM LOKALISASI WTS DAN JUDI
فصل (المعاملات المنكرة) وأما معاملات المنكرة كالزنا والبيوع الفاسدة وما منع الشرع منه مع تراضى المتعاقدين به إذا كان متفقا على حظره فعلى ولى الحسبة انكاره والمنع منه وزاجر عليه وامره فى التأديب مختلف بحسب الاحوال وشدة الحظر.
وفى معنى المعاملات وإن لم تكن منها عقود المناكح المحرمة ينكرها إن إتفق العلماء على حظرها ولا يتعرض لإنكارها إن اختلف الفقهاء فيها إلا أن يكون مما ضعف الخلاف فيه فكان ذريعة الى محظور متفق عليه كالمتعة فربما صارت ذريعة الى استباحة الزنا ففى انكاره لها وجهان وليكن بدل انكاره لها الترغيب فى العقود المتفق عليها (الاحكام السلطانية) 425
KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan diatas kebijakan lokalisasi sebagai upaya taghyirul mungkarat atas PSK, penjudi dan maksiat lainnya tidak memadai dan tidak dibenarkan oleh syara`, bila kasus tersebut telah sepakat ulama mengharamkannya. Kalau ada pihak tertentu yang memfasilitasinya terhadap polisi syari`at berhak untuk mencegatkannya, Karena yang demikian salah satu sebab untuk memudahkan bermaksiat.
Tidak terdapat dalam nash kitab,bahwa cara menghilangkan maksiat adalah dengan melindungi maksiat seperti lokalisasi,walaupun dinaikkan tarif harganya atau lainnya.karena yang demikian itu tidaklah menghilangkan maksiat , yang diharuskan dalam agama adalah menghilangkannya, sehingga agama sendiri memberikan ganjaran kepada pelaku maksiat
No comments:
Post a Comment